Lintah atau Pacet

Seringkali kita bingung dengan istilah LINTAH dan PACET. Lintah dibedakan dari pacet bukan berdasarkan taksonomi, tetapi lebih pada habitat kesukaannya.

Lintah (Hirudo medicinalis) adalah binatang melata yang berdasarkan habitatnya hidup di air untuk menjaga kelembaban dan suhu tubuhnya. Sedangkan pacet (Haemodipsa zeylanica) adalah binatang melata yang hidup melekat pada daun-daun, batang-batang pohon, dan ada di dalam tanah yang lembab atau basah.

Contoh Anggota Filum - Hirudinea - Lintah

KLASIFIKASI LINTAH:
* Kingdom : Animalia
* Filum   : Annelida
* Kelas   : Clitellata
* Ordo    : Haplotaxida
* Subkelas: Hirudinea
* Genus   : Hirudo
* Spesies : Hirudo medicinalis (menurut Linnaeus, 1758)

CIRI-CIRI HIRUDINEA:
1. Habitatnya di air tawar, darat dan air laut.
2. Tubuhnya tidak memiliki rambut dan parapodia.
3. Bentuk tubuhnya pipih.
4. Di kedua ujung tubuhnya terdapat alat isap, untuk menempel pada korban dan mengisap darahnya.

Lintah dan pacet adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea. Terdapat jenis lintah yang dapat hidup di daratan, air tawar, dan laut. Seperti halnya kerabatnya, Oligochaeta, mereka memiliki klitelum. Seperti cacing tanah, lintah juga hermaprodit (berkelamin ganda). Lintah obat Eropa, Hirudo medicinalis, telah sejak lama dimanfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotomi) secara medis.

Semua spesies lintah adalah karnivora. Beberapa merupakan predator, mendapat makanan dari berbagai jenis invertebrata seperti cacing, siput, atau larva serangga, hewan seperti babi rusa, sapi, kerbau, dsb, bahkan manusia.

Pada umumnya anggota Hirudinea ini memiliki zat anti koagulan dari air liurnya, sehingga sewaktu lintah menghisap darah mangsanya, darah tersebut tidak langsung membeku.

0 komentar:

Posting Komentar